Tips dan Trik Pengisian Profil Desa Berbasis Web

Pengisian profil desa berbasis web sebenarnya bisa dibilang jauh lebih mudah dibanding pengisian DDK. Karena banyak data yang sudah tersedia dan tinggal memindahkan ke aplikasi online tersebut. Berikut ini beberapa tips untuk mengiisi profil desa

1. Bekerjasama dengan Dindukcapil untuk meminta data kependudukan

Data kependudukan ini berguna untuk mengetahui potensi sumber daya manusia suatu desa. Dari data yang berbentuk excel, kita dengan mudah dapat menghitung jumlah penduduk, jumlah penduduk laki-laki, jumlah penduduk perempuan, jumlah kepala keluarga, dan sebagainya.

Salah satu cara paling mudah adalah dengan memanfaatkan fitur filter yang ada di excel. Kita dapat memfilter tabel data kependudukan itu berdasarkan kategori, kemudian menjumlahkan secara otomatis.

Apabila sudah mempunyai data kependudukan (data BIP), namun masih bingung bagaimana cara mudah mencari jumlah penduduk, silahkan datang ke Bapermas, InsyaAlloh akan kami bantu.

2. Bekerjasama dengan BPS

BPS telah melaksanakan survei potensi desa pada tahun 2011. Data BPS ini dapat kita gunakan sebagai awalan untuk mengisi profil desa. Data BPS ini telah kami bagikan di tulisan sebelumnya (Data BPS untuk Pengisian Profil Desa).

Data yang ditampilkan hanya 5 kecamatan, namun sebenarnya data tersebut berisi seluruh desa di kabupaten Banyumas. Silahkan gunakan fitur filter di excel untuk menampilkan semua data yang ada.

3. Menggunakan internet

Berikut ini beberapa web yang dapat digunakan untuk membantu pengisian profil desa
1. untuk mencari jarak menggunakan maps.google.com.
2. untuk menkonversi satuan (meter, kilogram, are, dsb) menggunakan konversisatuan.com
3. untuk mengetahui ketinggian desa menggunakan twcc.free.fr/converter-en.php

how to buy car insurance online

Share on :