Hoax Bahaya Membunuh Kecoa dan Cacing di Perut Kecoa

Beberapa kawan di facebook menyebarkan berita tentang bahayanya membunuh kecoa apalagi sampai isi perut kecoa keluar. Menurut berita tersebut, isi perut korea mengandung cacing yang bisa masuk ke manusia. Berita tersebut juga disertai dengan gambar yang cukup mengerikan.

Tapi benarkah membunuh kecoa itu berbahaya atau berita ini hanya hoax belaka?

Berita hoax membunuh kecoa kurang lebih seperti ini

Bila anda melihat binatang kecoa dirumah, jangan anda memukulnya sampai mati bahkan sampai (maaf) isi perut kecoa meletet keluat.
Karena didalam perut kecoa terdapat cacing halus/lembut yang tetap hidup meskipun diluat dari tubuh kecoa.
Bila cacing ini sudah berada diluat dari tubuh kecoa (perut) dia akan bergerak untuk mencari tempat/indukan baru.
Cacing ini bentuknya sangat pendek, halus dan lembut akan terlihat kasat mata bila jarak pandang sekitar 10-20cm.
Untuk melihat cacing ini, anda dapat menaruh isi perut kecoa diatas kertas hitam atau di atasi cermin.. disitu terlihat pergerakannya.
Sangat berbahaya apabila cacing ini sampai menyentuh kulit tubuh kita (terutama kaki) karena dapat masuk melalui pori-pori kulit atau bila ada luka terbuka pada kulit luar.
Akan lebih baik membasmi kecoa dengan menggunakan semprotan anti serangga, yang dapat membunuh kecoa tanpa harus memukul hingga mengeluarkan isi perutnya.

Kalau mau ditelusuri leih jauh, memang terdapat kemungkinan terdapatnya cacing didalam perut kecoak. Nama cacing tersebut adalah Nematomorpha atau cacing Gordian. Cacing ini bisa mencapai panjang 50 - 100 cm namun dalam kasus tertentu diberitakan memiliki panjang 2 meter. Cacing Gordian dewasa hidup bebas di air tawar dan laut, tapi larva mereka hidup di dalam tubuh serangga seperti kumbang, kecoak, belalang, dan beberapa hewan air seperti udang, kepiting, lobster, dan teritip. Dalam tubuh serangga, larva mereka hidup di bagian tubuh atau otak dan setelah siap untuk hidup bebas dia akan memnggerakan otak si serangga agar menuju air tempat mereka hidup.

Tapi tenang mereka tidak berbahaya untuk manusia karena mereka tidak dapat hidup dalam tubuh manusia atau hewan lain. Jadi sekarang kita bisa tenang membunuh kecoak bahkan menyiksa mereka dengan mencopot kaki nya satu" atau memberi makan burung dengan kecoak, tapi perlu diingat dilihat dari sisimanapun cacing adalah hewan yang menjijikan dengan bentuk yang panjang dan menggeliat - geliat dengan kulit yang licin.

Intinya, jangan mudah percaya dan menyebarkan berita2 aneh. Apalagi yg tidak jelas sumbernya.

how to buy car insurance online

Share on :