Customer Service DJA yang Membingungkan (Banget)!!! (2-Habis)

Saya mendapat beberapa tanggapan di facebook terkait keluhan saya terhadap layanan DJA pada tulisan saya di sini. Sebagian orang mungkin menganggap 2 jam bukan sebuah persoalan yang perlu dicermati, tapi bagi saya, 2 jam berbanding 30 menit adalah sesuatu yang cetar membahana. (halah)

 Ok, tulisan saya yang sebelumnya memang belum selesai. Saya masih berbalas email dengan DJA. Tanggapan yang masuk di facebook saya, condong bahwa 2 aplikasi tersebut (RKA-KL dan SPM) adalah 2 aplikasi yang dihandle oleh 2 unit berbeda. Dan itu memang benar. Trus kebayang ga betapa ribetnya klo ada persoalan terkait aplikasi RKA-KL dan SPM, satker mesti tanya kesana kemari, dapat jawaban dilempar kesana kemari. Apa ga ada yang berpikir, 'Klo bisa dipermudah, kenapa dipersulit?'.

Logika otak saya ga nyampe deh rasanya. 2 Aplikasi yang sangat terkait erat, tapi untuk mendapatkan jawaban terkait permasalahan yang menyangkut 2 aplikasi itu, mesti main ping pong dulu. Koq saya jadi berpikir, berapa banyak duit yang digunakan untuk membuat aplikasi tersebut, berapa banyak surat tugas terkait aplikasi tersebut, dan hasilnya ternyata 'endol peyot'. Aplikasi itu dibuat untuk mempermudah pekerjaan, bukan mempersulit. Demikian pula customer service.

Ok. Lanjut ke percakapan saya dan CS DJA via email. Nanti akan ketahuan kenapa saya pake judul 'Membingungkan'.

Setelah saya memperoleh jawaban dari DJA yang ternyata bukan menyelesaikan masalah, namun malah menambah rumit, sambil membalas email DJA, saya googling.

Berikut ini 2 email yang saya kirim berurutan ke DJA

Email 1:
lho koq beda dengan jawaban kemarin ya?
jadi bingung... kemarin dijawab "Silahkan lakukan validasi data melalui menu RKAKL 2013 - Validasi Data. Setelah data valid, bentuk file backup dengan format d01_xxxxx.13 melalui menu SPAN - Kirim data ke DJA. Kemudian silahkan restore ADK tersebut pada Aplikasi SPM. Terima kasih"
Email 2:
Barusan googling, ketemu di http://sai.bmkgntt.net/cara-memperoleh-pagu-spm-dari-rkakl-dipa-online/ nah, saya mohon untuk dibuatkan user agar bisa login ke situs tersebut. terima kasih
Kemudian dibalas oleh DJA
Jawaban kami yg pertama, yaitu dg cara melalui menu SPAN - kirim data ke DJA, itu merupakan cara untuk membackup ADK yg sudah ada pada aplikasi RKAKLDIPA Saudara, untuk dapat ditransfer ke aplikasi SPM. Tetapi jika belum mempunyai ADK nya sama sekali, bisa diperoleh melalui Aplikasi RKAKL DIPA online (http://rkakldipa.anggaran.depkeu.go.id), seperti dari hasil pencarian Google tersebut. terima kasih.
Bagi yang cermat membaca, pada email balasan saya di tulisan ini sudah tersirat bahwa saya telah berhasil backup ADK di RKAKL. Saya tuliskan lagi:
Terimakasih atas jawabannya. Tapi masih bingung, restore ADK ke SPM lewat menu apa? sudah saya coba lewat utility - restore data pagu dan transaksi tapi ga bisa
Mulai dari sinilah terlihat inkonsistense DJA yang membingungkan. Perhatikan yang saya cetak tebal pada email DJA dan email saya. Apa untuk berlogika bahwa saya sudah bisa membackup dan mencoba restore namun gagal itu artinya saya sudah punya ADK sedemikan susahnya bagi SDM sekelas Kemenkeu???

Dan akhirnya, untuk memahamkan CS DJA tersebut, saya buatlah jembatan keledai, dimana bahkan keledai pun bisa menyeberanginya, karena itulah dinamakan jembatan keledai. Bwahahaha

untuk aplikasi RKA-KLnya sudah terisi DIPA (sudah ada ADK). Namun ketika di backup melalui SPAN - kirim data ke DJA, ternyata hasil file backup tersebut, tidak bisa ditransfer ke SPM. dan itu sudah tersirat pada email saya sebelumnya.
 ok, begini kronologisnya
1. saya sudah backup sesuai instruksi. dapat file backup berupa d01_01005_00_039530_5.13
2. Saya mencoba kirim file tersebut ke SPM, melalui utility - restore data pagu dan transaksi
3. gagal, karena file yang diminta adalah ekstensi .BAC atau .BACKUP
 Atau saya ada yg miss? File ADK itu maksudnya apa? Saya masuk ke link tsb, tapi mesti login dlu. Bisa minta dibuatkan user accountnya? thanks

Silahkan dicermati. Btw, dengan email ini, saya sudah 2 x minta dibuat user account. Dan tidak ada jawaban.

Dan beginilah jawaban ngeles a la DJA
Untuk permintaan userid dan password, silakan lengkapi formulir dalam lampiran berikut.

Coba tebak apa yang saya dapat setelah login dan download ke link rka-kl online? File d01_01005_00_039530_5.13!!!! Suck!!!!!!!!!!

Bwhahahaha, klo laptop saya terbuat dari coklat, udah abis dari kemarin2!!!

Tapi yo wes lah, sambil ngunyah meja, eh, gorengan, saya googling dan akhirnya menemukan solusi untuk permasalahan saya disini

Kesimpulan: Klo ada permasalahan aplikasi, jangan sekali2 tanya DJA!!! Buang2 waktu, tenaga, dan emosi!!! Googling aja!

how to buy car insurance online

Share on :