Customer Service DJA yang Membingungkan (Banget)!!!

Sekali lagi saya dibuat jengkel oleh customer service DJA. Kali ini melalui email. Entah apa yang terjadi dengan Kementerian Keuangan dan Unit2 dibawahnya. Konon Kemenkeu telah melakukan reformasi birokrasi, dan konon lagi, berhasil.

Remunerasi selangit, tapi kualitas SDMnya perlu dipertanyakan. Betapa tidak, dengan berbagai fasilitas dan tools2 impor ajaib yang diperoleh dengan biaya yang tidak sedikit tentunya, ternyata pelayanan DJA sangat amat tidak memuaskan sekali, bahkan membingungkan.

Berawal dari ketidaktahuan saya tentang aplikasi RKA-KL dan SPM, saya menghubungi DJA melalui email. Berikut email yang saya kirimkan

5 Februari 2013 13.27

Selamat Siang. Saya Rigih Bayu, dari BapermasPKB Kab. Banyumas. Saya mo nanya, gimana caranya untuk memasukkan pagu ke dalam aplikasi SPM. Terima Kasih

Kemudian dijawab

5 Februari 2013 15.31
Silahkan lakukan validasi data melalui menu RKAKL 2013 - Validasi Data. Setelah data valid, bentuk file backup dengan format d01_xxxxx.13 melalui menu SPAN - Kirim data ke DJA. Kemudian silahkan restore ADK tersebut pada Aplikasi SPM. Terima kasih
Sampai disini, anda lihat jeda waktunya? 2 jam!!!
Sebagai perbandingan, ketika saya kontak customer service hawkhost (salah satu perusahaan hosting), email saya paling lama dibalas dalam waktu 30 menit. Standarnya biasanya 15 menit. Keren kn?

Kemudian saya balas lagi
Terimakasih atas jawabannya. Tapi masih bingung, restore ADK ke SPM lewat menu apa? sudah saya coba lewat utility - restore data pagu dan transaksi tapi ga bisa
Kemudian dijawab
Mohon maaf, Aplikasi SPM bukan merupakan kewenangan dari Tim Aplikasi DJA. Silahkan untuk menanyakan informasi mengenai aplikasi tersebut kepada Tim Aplikasi DJPBN atau Supervisor pada KPPN yang bersangkutan.
Sampai disini, hampir-hampir meja di depan saya, saya telan. hahaha. Koq cuma selang 1 hari, udah beda banget jawabannya.

(bersambung....kerja dlu...)

how to buy car insurance online

Share on :