Orientasi Kader Posyandu dan Aplikasi SIP

Orietasi dilaksanakan pada Selasa, 13 November 2012. BapermasPKB menugaskan tiga orang pegawai dari Bidang PK dan ADK untuk menghadiri orientasi tersebut, yaitu Timbul Sutedjo, S.H., Sri Hartati, S.IP, dan Rigih Bayu Ratri.

Dalam orientasi ini, Bapak Timbul Sutedjo menyampaikan materi yang berjudul Peningkatan Strata Posyandu. Materi tersebut dapat di download di download center.

Terkait dengan strata posyandu, masalah yang kerap kali dihadapi adalah mengenai sarana dan prasarana serta pendanaan. Untuk itu diharapkan adanya kerjasama serta komunikasi yang intens antara posyandu dengan pihak desa.

Selanjutnya, Rigih Bayu Ratri menyampaikan hasil pertemuan terkait posyandu yang dihadirinya di Semarang.

Selain masalah sarana dan prasarana, masalah lain terkait strata posyandu adalah mengenai administrasi atau pendataan. Untuk itu, diharapkan kader posyandu dapat mengisi form-form yang diperlukan untuk pendataan posyandu. Form-form tersebut dapat di download di download center.

Solusi yang dapat diambil untuk saat ini terkait pendataan tersebut dapat kami ringkas sebagai berikut.

  1. Kader Posyandu tetap melakukan pendataan secara manual
  2. Data manual itu kemudian diolah ke dalam file excel yang telah disediakan (dapat di download di download center)
  3. Untuk mengolah ke dalam file excel, dapat menunjuk anak muda (terutama anak-anak sendiri dari kader posyandu, sekaligus sebagai pengkaderan dan regenerasi kader).
  4. Apabila posyandu belum mempunyai komputer, pengolahan data ke dalam file excel dapat dilakukan menggunakan komputer milik desa.
  5. Data excel tersebut kemudian direkap di tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten.
  6. Untuk memudahkan perekapan di kabupaten, data tersebut dapat dikirimkan langsung ke kabupaten melalui email: bayu200687@gmail.com
Demikian yang dapat kami sampaikan, apabila ada pertanyaan terkait posyandu, dapat menghubungi BapermasPKB pada nomor (0281) 625 893. Apabila terkait file pendataan posyandu, dapat menghubungi Rigih Bayu 085716161280.

Terima Kasih

how to buy car insurance online

Share on :